Info
  • Cek Seberapa Besar Profesionalisme Kamu melalui Aplikasi MyASN
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BKPSDM KABUPATEN CILACAP
  • ASN Presensi Pake Fake GPS ? Jangan Korbankan Kejujuranmu ya..
  • Sudah Install CISA ? Cek Data dan Informasi Kepegawaian melalui CISA dong...

SERING PAKAI ZOOM MEETING ? PAHAMI LAGI YUK ETIKA MENGGUNAKAN ZOOM MEETING

14 April 2023  |  12:15  |  PAULUS ANGGIE SUKOAJI, S.IP., M.  |  Artikel

Di era serba digital saat ini, semua kebutuhan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Salah satunya dalam bertatap muka virtual menggunakan aplikasi zoom meeting. Aplikasi ini memberikan banyak manfaat dengan berbagai fitur didalamnya. Melalui zoom meeting urusan pekerjaan menjadi lebih mudah terselesaikan, namun terkadang masih ada beberapa etika menggunakan zoom meeting yang terlupakan.
Apa saja itu ? yuk kita ulas lebih lanjut..
  1. Menggunakan busana tepat
Pilihan busana yang kita gunakan juga mempengaruhi kenyamanan dalam mengikuti zoom meeting, sebaiknya gunakan busana sopan dan rapi sebagai wujud kita menghormati peserta dan penyelenggara.
  1. Usahakan tidak hadir terlambat
Poin selanjutnya adalah kehadiran. Dengan hadir lebih awal dari jadwal pertemuan yang telah dijadwalkan merupakan salah satu bentuk apresiasi bahwa kita sebagai peserta zoom meeting juga menghargai waktu baik yang telah diberikan sesama peserta dan pihak penyelenggara zoom meeting, disamping itu juga dapat mempersiapkan perangkat yang dipergunakan serta menghindari ketertinggalan materi yang dibahas dalam zoom meeting.
  1. Menyapa peserta rapat dan lakukan perkenalan
Dalam situasi tertentu, kita dapat menyapa peserta zoom meeting dan apabila memungkinkan juga sekaligus melakukan perkenalan diri. Hal ini sebagai bentuk untuk membangun komunikasi yang interaktif dalam zoom meeting.
  1. Menggunakan penamaan akun sesuai ketentuan
Tak kalah pentingnya diperhatikan yakni penamaan akun ketika menjadi peserta dalam zoom meeting. Misalnya terdapat ketentuan dari pihak penyelenggara terkait penggunaan nama dengan format (nama_instansi) hal ini untuk memudahkan penyelenggara dalam menyebut nama peserta nantinya.
  1. Aktifkan mode video
Dibeberapa forum zoom meeting juga dimungkinkan peserta untuk menggunakan virtual background dan mengaktifkan mode video. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peserta tersedia dan hadir mengikuti kegiatan yang sedang berlangsung.
  1. Aktifkan fitur mikrofon dengan bijak
Matikan fitur mikrofon (mute) apabila tidak sedang digunakan hal ini juga untuk menghindari masuknya suara dari sekitar lingkungan tempat dimana kita melakukan zoom meeting ke dalam forum sehingga tidak mengganggu kenyamanan saat berlangsungnya kegiatan zoom meeting tersebut. Aktifkan fitur mikrofon (unmute) seperlunya ketika kita hendak berbicara.
  1. Gunakan fitur chat dengan bijak
Fitur ini juga tak kalah pentingnya yakni fitur chat. Fitur ini dapat dipergunakan apabila kita sedang dalam forum baik itu hendak ijin sesuatu hal misalnya meninggalkan forum lebih cepat dari jadwal atau ketika hendak bertanya. Baiknya hindari untuk berinisiatif melakukan absen kehadiran mandiri melalui chat karena pada kegiatan tertentu presensi kehadiran biasanya dilakukan dalam link tersendiri agar tidak mengganggu kenyamanan dalam proses kegiatan berlangsung.
  1. Perhatikan kegiataan meeting
Hindari melakukan aktifitas lainnya ketika zoom meeting sedang berlangsung. Pasalnya kita tetap bersikap profesional dan sopan layaknya ketika sedang meeting di kantor.
  1. Tidak memotong pembicaraan
Ketika dalam forum zoom meeting selalu ada bagian untuk berbicara dan bertanya. Maka tak heran dalam setiap acara dalam zoom meeting biasanya terdapat moderator. Hal ini untuk mengatur kegiatan agar berlangsung sesuai rencana yang telah disusun dan apabila hendak bertanya atau menyampaikan pendapat maka dapat mengaktifkan fitur “Raise Hand” agar diketahui oleh pembawa materi atau moderator sehingga penyampaian materi yang dilakukan tidak terpotong dan dapat tersampaikan dengan baik.
  1. Kalimat “terima kasih” di akhir sesi
Ketika kegiatan zoom meeting telah selesai, sebaiknya kita mengucapkan kalimat “terima kasih” baik secara lisan maupun tertulis hal ini sebagai bentuk apresiasi serta upaya membina hubungan baik dengan seluruh pihak yang telah hadir dan berkontribusi pada kegiatan zoom meeting tersebut.

Beberapa etika tersebut dapat mulai kita terapkan dalam kegiatan virtual melalui zoom meeting sehingga kenyamanan serta materi yang disajikan melalui zoom meeting dapat dirasakan dan tersampaikan dengan baik.

Share: