Etika Bikin Konten di Media Sosial Biar Gak Asal Viral
Terkait
Menyambut masa purna tugas dengan sehat dan bahagia
PENGUMUMAN SELEKSI ADMINISTRASI PPPK KABUPATEN CILACAP TAHUN 2024
198 PEGAWAI IKUTI PEMETAAN TALENTA JABATAN PENGAWAS
Peringati Hari Sumpah Pemuda, BKPSDM Kabupaten Cilacap Kirimkan Regu Terbaik dalam Lomba Gerak Jalan
Sosialisasi Program TAPERA dan Pemutakhiran Data Peserta
Dalam ekosistem ini, konten memiliki kekuatan besar untuk menyebarkan pesan, mempengaruhi opini, dan bahkan menciptakan tren global. Namun, di balik potensi positifnya, terdapat tantangan etika yang harus dihadapi oleh para pembuat konten. Ini menyangkut tidak hanya apa yang diposting, tetapi juga bagaimana cara membuat konten tersebut. Inilah mengapa penting untuk memperhatikan etika pembuatan konten di media sosial, agar tidak asal viral dan potensial merugikan.
Memangnya etika itu dibutuhkan dalam bermedia sosial ya?
Menurut UU No 19 Tahun 2016, ada pasal-pasal yang terkait tentang tentang Perubahan Atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), di antaranya perlu menggunakan bahasa yang baik, jangan mengumbar informasi pribadi, hindari penyebaran SARA, dan kroscek kebenaran berita atau informasinya.
Selain itu, sejumlah media sosial sebenarnya telah menetapkan batasan minimal untuk pengguna, misalnya 13 tahun untuk Facebook dan Instagram, sementara Twitter menetapkan usia minmal pengguna adalah 15 tahun.
Jadi jika kita melihat ada pengguna media sosial yang belum cukup umur, kasih pengertian agar tidak mengakses informasi yang belum sesuai dengan umurnya dan juga diharapkan untuk tidak membagikan secara luas hal-hal yang bersifat pribadi. Hal itu berbahaya kerena dapat dimanfaatkan oleh oknum untuk melakukan tindak kejahatan dengan mengetahui data atau aktivitas pribadi kita.
Dengan mengedepankan integritas, empati, dan tanggung jawab, pembuat konten dapat membantu menciptakan lingkungan online yang lebih sehat dan bermartabat. Jadi, sebelum Anda menekan tombol "bagikan" berikutnya, ingatlah untuk selalu mempertimbangkan dampak dari konten Anda dan bertindak dengan bijaksana.