Info
  • Cek Seberapa Besar Profesionalisme Kamu melalui Aplikasi MyASN
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BKPSDM KABUPATEN CILACAP
  • ASN Presensi Pake Fake GPS ? Jangan Korbankan Kejujuranmu ya..
  • Sudah Install CISA ? Cek Data dan Informasi Kepegawaian melalui CISA dong...

DIGITALISASI MANAJEMEN ASN

05 Juli 2024  |  10:20  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Berita

CILACAP - Kamis, (04-07-2024), Pranata Komputer Ahli Muda, Irpan Setiawan, S.Kom menyampaikan materi Digitalisasi Manajemen ASN kepada peserta Diklat Teknis Kepegawaian di Aula Diklat Praja BKPSDM Kabupaten Cilacap.
 
 
Irpan menjelaskan bahwa tujuan dari digitalisasi manajemen ASN adalah untuk menjamin efisiensi, efektivitas, dan akurasi dalam penyelenggaraan proses dan pengambilan keputusan dalam manajemen ASN. Selain itu, digitalisasi ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem penyelenggaraan manajemen ASN yang terintegrasi dengan berbagai layanan digital yang mendukung.
 
Berikut adalah beberapa sistem digital yang telah diterapkan di Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk mendukung manajemen ASN:
 
Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (e-SIMPEG)
Sistem ini digunakan untuk mengelola data ASN Pemkab Cilacap dan berfungsi sebagai basis data bagi sistem informasi kepegawaian lainnya.
 
Sistem Informasi Pengelolaan Dokumen Elektronik (e-File)
Digunakan untuk mengelola dokumen kepegawaian ASN secara elektronik. Dokumen diunggah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 2 MB, hasil pemindaian dari dokumen asli.
 
Update Mandiri Data Dokumen Kepegawaian
Fitur ini memungkinkan ASN untuk mengelola data dan dokumen kepegawaiannya sendiri sehingga selalu mutakhir.
 
Sistem Informasi Peta Jabatan (e-Peta Jabatan)
Sistem ini mendukung instansi pemerintah dalam menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Peta Jabatan menggambarkan ketersediaan dan kebutuhan PNS untuk setiap jenjang jabatan.
 
Sistem Informasi Presensi ASN (e-Presensi)
Dikembangkan untuk memantau tingkat kedisiplinan ASN dalam hal kehadiran kerja di lingkungan OPD/Unit Kerja.
 
Sistem Informasi Kinerja ASN (e-Kinerja)
Sistem ini digunakan untuk menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) sebagai kontrak kerja PNS pada awal tahun yang diturunkan dari Rencana Kerja Tahunan (RKT) Perangkat Daerah secara berjenjang.
 
Sistem Aplikasi Pengelolaan Pasca Diklat Elektronik (SIAP PAKDE)
Bertujuan mengelola kegiatan pasca diklat secara sistematis yang terintegrasi dengan database kepegawaian untuk mendapatkan data evaluasi yang lebih objektif dan terukur serta mengelola dokumen laporan aktualisasi/aksi perubahan secara online dalam bentuk Pustaka Digital.
 
Cilacap Smart ASN (CISA)
Aplikasi mobile ini mengintegrasikan data, informasi, dan layanan kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.
 
Tidak lupa, Irpan juga mengingatkan kepada peserta diklat untuk peduli dengan data pribadi miliknya untuk selalu dicek dan di update apabila ada perubahan pada personal web BKPSDM maupun pada aplikasi MyASN.

"Tidak ada ruginya kalau data kita lengkap", ujar inisiator aplikasi SIAP PAKDE ini.


Dengan diterapkannya berbagai sistem digital yang tentunya diimbangi dengan data yang valid dan termutakhirkan, diharapkan manajemen kepegawaian di Pemerintah Kabupaten Cilacap dapat berjalan lebih efisien, efektif, dan akurat, serta mendukung terciptanya ekosistem manajemen ASN yang modern dan terintegrasi.

 
Share: