Tingkatkan Kompetensi ASN Dalam Pelayanan Publik, BKPSDM Gelar Workshop
Terkait
Menyambut masa purna tugas dengan sehat dan bahagia
PENGUMUMAN SELEKSI ADMINISTRASI PPPK KABUPATEN CILACAP TAHUN 2024
198 PEGAWAI IKUTI PEMETAAN TALENTA JABATAN PENGAWAS
Peringati Hari Sumpah Pemuda, BKPSDM Kabupaten Cilacap Kirimkan Regu Terbaik dalam Lomba Gerak Jalan
Sosialisasi Program TAPERA dan Pemutakhiran Data Peserta
Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui BKPSDM Kabupaten Cilacap menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelayanan Publik bagi ASN pada tanggal 10 sampai dengan 11 Oktober 2024. Kegiatan workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Acara ini berlangsung di Aston Inn Hotel Cilacap dan diikuti ASN yang terdiri dari PNS dan PPPK dari 54 OPD, 38 Puskesmas, serta 24 Korwil Pendidikan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap yang menangani pelayanan publik pada perangkat daerah / unit kerja masing-masing. Penyelenggaran workshop dibagi menjadi dua Angkatan. Angkatan I khusus ASN dari OPD, sementara itu Angkatan II khusus ASN dari Puskesmas maupun Korwil Pendidikan.
Narasumber pada workshop antara lain Sri Zuliari, S.IP., M.Si. selaku Analis Kebijakan Ahli Muda pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sugiyanti S.E., M.M. selaku Analis Kebijakan Ahli Muda pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap, serta Rachman Firhan selaku Vice President Corporate Secretary PT Reska Multi Usaha (KAI Services). Sri Zuliari memaparkan materi Kebijakan Umum Pelayanan Publik, dilanjutkan dengan Sugiyanti S.E., M.M. yang memaparkan materi Standar Pelayanan Publik dan Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP), serta Rachman Firhan yang memaparkan materi Best Practices Pelayanan Publik pada KAI Services.
Asisten Administrasi Umum Sekda, Sumbowo, S.Sos., M.Si., membuka acara workshop secara resmi. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa ASN sebagai pelayan publik tentunya harus dapat terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Beliau juga menyampaikan kepada peserta untuk serius mengikuti workshop hingga selesai terutama juga untuk menyerap dan mereplikasi praktik-praktik baik dalam pelayanan publik dari KAI Services yang dapat diterapkan dalam pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.
Melalui workshop ini, kompetensi pelayanan publik yang dimiliki oleh ASN Pemerintah Kabupaten Cilacap dapat diharapkan dapat meningkat sehingga Indeks Kepuasan Masyarakat serta Nilai Kepatuhan Pelayanan Publik juga dapat meningkat diiringi semangat mewujudkan nilai dasar ASN “Berorientasi Pelayanan”. Selain itu Indeks Profesionalitas sejumlah ASN yang mengikuti workshop dalam dimensi kompetensi juga akan meningkat dan memberikan dampak positif pada profesionalisme yang ditunjukkan.