ORIENTASI PENGENALAN NILAI DAN ETIKA PADA INSTANSI PEMERINTAH BAGI PPPK KABUPATEN CILACAP 2022
Terkait
Menyambut masa purna tugas dengan sehat dan bahagia
PENGUMUMAN SELEKSI ADMINISTRASI PPPK KABUPATEN CILACAP TAHUN 2024
198 PEGAWAI IKUTI PEMETAAN TALENTA JABATAN PENGAWAS
Peringati Hari Sumpah Pemuda, BKPSDM Kabupaten Cilacap Kirimkan Regu Terbaik dalam Lomba Gerak Jalan
Sosialisasi Program TAPERA dan Pemutakhiran Data Peserta
CILACAP - Bertempat di Aula Diklat Praja Kabupaten Cilacap, Pemkab Cilacap melalui BKPPD Kab. Cilacap menyelenggarakan Kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika bagi PPPK Kabupaten Cilacap Tahun 2022. Acara diselenggarakan mulai tanggal 10 Oktober hingga 20 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti oleh PPPK Formasi Tahun 2019 dan Tahun 2021 Tahap I di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap sejumlah 3.173 peserta yang terbagi menjadi 8 angkatan. Pelaksanaan kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika dilakukan secara hybrid (luring dan daring) di 9 titik lokasi antara lain Aula Diklat Praja Kabupaten Cilacap, Korwil Biddik Kecamatan Kroya, Korwil Biddik Kecamatan Maos, Korwil Biddik Kecamatan Jeruklegi, Korwil Biddik Kecamatan Bantarsari, Korwil Biddik Kecamatan Kedungreja, Korwil Biddik Kecamatan Sidareja, Korwil Biddik Kecamatan Majenang, dan Korwil Biddik Kecamatan Wanareja. Titik lokasi Aula Diklat Praja menerapkan bentuk luring pada proses kegiatan pembelajaran dan 8 titik lokasi lainnya menerapkan bentuk daring dengan aplikasi Zoom Meeting.
Acara pembukaan kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika diselenggarakan pada hari Senin tanggal 10 Oktober 2022. Acara pembukaan diawali dengan penyampaian Laporan Penyelenggara dari Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Kabid Diklat yaitu Bapak Mohammad Effendy S.Sos. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap dan pembukaan acara secara resmi yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Cilacap, Bapak Sumbowo S.Sos., M.Si. Pada sambutan pembukaan kegiatan disebutkan bahwa PPPK yang mengikuti Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika diharapkan dapat menjadi PPPK yang mengerti dan memahami organisasi dan tata kerja, jabatan, manajemen kinerja, serta penerapan nilai-nilai dasar BerAKHLAK di unit kerja masing-masing. Melalui Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika ini diharapkan PPPK Kabupaten Cilacap dapat menjadi PPPK yang profesional dan berintegritas sesuai nilai “BERPRINSIP” yang selama ini menjadi nilai-nilai budaya kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap serta menjadi elemen penting dalam kinerja pemerintahan Kabupaten Cilacap yang disiplin dan kompetitif melalui penerapan nilai-nilai dasar ASN “BerAKHLAK” dalam menghadapi era persaingan global.
Pelaksanaan kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika pada Pemerintah Kabupaten Cilacap diikuti peserta setiap angkatan selama 1 hari dengan materi sebagai berikut: materi Pengenalan Manajemen PPPK dari BKPPD Kabupaten Cilacap, Pengenalan Susunan Organisasi dan Tata Kerja dari Bagian Organisasi Setda Kabupaten Cilacap, Pengenalan Kode Etik dan Integritas ASN dari Inspektorat Kabupaten Cilacap, Pengenalan Penilaian Kinerja PPPK dari Bidang Pembinaan dan Kinerja ASN pada BKPPD Kabupaten Cilacap, serta Pengenalan Fungsi dan Tugas ASN di Tempat Kerja dari Bidang Pendidikan dan Pelatihan pada BKPPD Kabupaten Cilacap.
Pelaksanaan kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika secara hybrid (luring dan daring) memiliki beberapa keunggulan dalam sisi efisiensi dan efektivitas terutama pada masa pandemi covid-19 yang menuntut pembatasan kegiatan fisik dan interaksi sosial. Peserta yang terkendala jarak dengan lokasi pusat acara dapat tetap mengikuti kegiatan Orientasi dengan kombinasi distance learning dan e-learning tanpa mengurangi esensi kegiatan yang dilakukan. Selain itu pemanfaatan teknologi dan infrastruktur digital terbukti menjadi solusi membantu pelaksanaan kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika ini sehingga dapat diikuti oleh peserta PPPK dari berbagai wilayah di Kabupaten Cilacap.